Warga Baru

17464_1188339678690_1534275333_30554060_5450167_nyang biasa ke jakarta dan ngeteng, bus warga baru adalah pilihannya selain kramatdjati. dan saya kira, setiap yang pernah naik bus putih-orange ini punya pengalaman. tentu saja ada pengalaman baik ada juga yang punya pengalaman yang kurang baik. untuk pengalaman kedua, baru saya alami mingu-mingu kemarin, waktu mudik bareng keluarga ke daerah Pondok Aren.

Saat berangkat dari Subang ke Jakarta, bb dengan nomor pin 22A677AE lenyap, atau mungkin jatuh, waktu bus ini ngetem nunggu penumpang di perempatan sadang. Soal ini, mungkin saya lagi sial aja.

nah yang bikin “menderita” pas pulang dari jakarta ke subang. berangkat dari pondok aren sekitar jam 11.00 WIB. sampe kampung rambutan, jam 12.00 kurang. hanya nongkrong beberapa jam menit saja, bus langsung berangkat. Alhamdulillah pikirku. karena semakin lama kasian alvin (18 bulan) bisa mabok.

Sayang, begitu keluar terminal, sampai belokan pasar minggu, mobilm kalau dimisalkan, jalannya kaya bocah baru disunat. lelet dan telat. ga cuma lelet, efeknya semua pedagang asongan di jalanan itu naik. diitung2 bisa sampe 50 kalimah, itu belum pengamen. Entah berapa jam, mobil itu jalan ngegang di jalanan itu. istri sudah maulai protes, karena menyangkut “nasib”alvin. tapi syukurlah, bus kemudian jalan dan masuk ke tol.

entah, apa yang ada di otak kita, saat mengkhawatirkan anak, dan mobil yang jalan lelet. kriminal juga kalo supirnya disambit. tapi beberapa penumpang sudah lempar kode. tyapi diabaikan sepertinya atau ga denger. Alhasil, sampe Subang, tepatnya di depan Pagadean, sekitar jam 17.00 WIB.  saya kira ini rekor, perjalanan terlama. Padahal sebelumnya, 4 jam itu sudah lama.

btw, yang bikin kesel, entah ada efek dari 5 jam di bus atau tidak, alvin sampe di rumah mabok. sakit, muntah, dan lain-lain. tulisan ini ditulis, seminggu lalu kita bnaik bus. dan saat ini, alvin masih dalam proses pemulihan

ini bukan soal “salahnya saya ga punya mobil”, tapi soal pelayanan. saya kira, ini bukan kelkuarga saya yang mengalami tapi banyak orang. kalau kondisinya begini, entah sampai kapan kita punya transpoirtasi massal yang layak dan nyaman. *foto cuma ilustrasi

_____

sore dengan kopi hitam