Budayakan Apresiasi

Rotan1Apresiasi itu memberi semangat bagi penerimanya, dan tidak mengurangi sedikit pun hak pemberinya. Tidak ada yang hilang saat sebuah apresiasi diberikan kepada seseorang. Bahkan justru akan terbentuk sebuah hubungan yang bagus dan produktif antara pemberi dan penerimanya. Martabat dan kemuliaan seseorang takkan berkurang apalagi hilang akibat memberikan apresiasi, malah sebaliknya kemuliannya akan bertambah..

Memberi apresiasi itu gratis, tidak mengeluarkan biaya, bahkan tidak ada yang harus Anda korbankan atau pertaruhkan… Bahkan apresiasi yang Anda berikan untuk orang lain justru akan menghadiahi Anda sesuatu yang mungkin tidak pernah Anda rencanakan bahkan pikirkan…

Maka, jangan kikir memberi apresiasi kepada orang yang berhak mendapatkannya… Selagi apresiasi itu tidak salah alamat, wajar dan rasional (beralasan), apresiasi akan berbuat kebaikan..

Budayakan apresiasi, bukan depresiasi… Jika pun mungkin Anda belum bisa mengapresiasi, maka sebaliknya jangan mendepresiasi. Jika pun Anda belum bisa memuji, hindari memaki…!

Bagi sebagian orang, mengapresiasi orang itu mungkin sulit –mungkin karena karakter yang sudah terbentuk sebelumnya, mungkin juga karena ia belum terbiasa melakukannya.. Tetapi, apresiasi itu membahagiakan penerima dan pemberinya. Apresiasi akan melapangkan jiwa dan menenangkan hati.. Juga meringankan beban pikiran, dan menghilangkan tekanan… Tidak percaya..??!  Sering-seringlah mencoba…!

______

selamat meneguk kopi di hari senin, baraya