Kenalkan, Saya Calon Bupati Subang!

Pemilihan Kepala Daerah Subang baru dihelat 9 September nanti. Tapi wajah-wajah para kandidat calon Bupati sudah marak di semua sudut Subang. Seperti layaknya persaingan kontestas pada salah satu audisi di TV swasta.Yes, saya calon bupati Subang. Kalimat itu sepertinya yang tersirat dari aneka kalimat pada ribuan baligo, banner, spanduk para bakal calon bupati Subang yang ditempel dari mulai di pohon, tiang listrik, sampai kendaraan.

Wajah Subang pun kini terlihat warna-warni oleh warna background baligo para calon sesuai partai yang berharap mengusungnya. Dan terpenting, munculnya belasan nama itu, sebagai bukti, jika Subang tidak kekurangan pemimpin masa depan.

Saya sendiri tidak begitu tertarik dengan kalimat yang ada pada alat peraga. Karena sejatinya, hampir kalimat “kampanye” itu tidak ada yang baru alias duplikasi entah saat pilkada kapan atau pilkada di mana. Kalimat proaganda yang mereka sampaikan, saya kira, basi dan absurd.

Justru yang membuat saya tertarik adalah seseorang di belakang pembuatan baligo itu. Permainan potoshop yang baik, membuat hasil yang baik pula. Wajar, kalau saya bilang: Pilkada bukan kompetisi para calon tapi persaingan ketat para designer dan master potoshop…

——
Sabtu (20/3/2013) menjelang adzan maghrib