Babak baru Subang di era digital

mediasubangJejak pagi ini, asyik di depan monitor komputer warnet. Sembari sesekali seruput kopi hitam, mata tetap fokus menelisik satu persatu pada halaman situs berita di Kabupaten Subang. Babak baru Subang di era digital?

Warisan termahal Presiden Abdurohman Wahid adalah dihapusnya birokrasi berbelit-belit bagi warga negara yang hendak membuat media dalam semua versinya. Kebijakan itu direspon oleh pelaku bisnis media. Sudah banyak media yang lahir sejak kebijakan itu keluar.

Tidak hanya di Kota tapi di daerah. Tentu saja, persaingan dalam mengabarkan informasi ke warga semakin bergairah, dari kota menggelinding ke daerah.

Euporia itu sebanding lurus dengan kebutuhan publik di dunia maya. Secara cepat, akses internet digandungi jutaan rakyat. Ini ditandai masuk dan berkembangnya social media. Tentu saja, kebebasan pers dan melesatnya dunia online ditangkap menjadi potensi besar untuk setiap warga yang beritikad mengabdikan diri di dunia informasi.

Tunda dulu bicara soal keuntungan materi, tapi lihatlah cita-citanya. Media online yang saat ini sudah menjamur di daerah-daerah, tekadnya memudahkan warga setempat mendapat informasi dari tanah kelahirannya meski berada di luar kota.

Di Subang misalnya, dari 1,5 juta penduduk, bisa saja 50% berada di luar Subang. Mereka mencari rizki di kota-kota besar bahkan ke luar negeri menjadi TKI. Ketika titik tekannya mereka yang menjadi TKI (baik di dalam maupun di luar negeri), maka idealnya hak mereka mendapatkan informasi harus tetap diberikan.

Mungkin, berangkat dari pemikiran itu, banyak warga Subang kini sudah tersadar dengan pentingnya informasi berbasis digital. Buktinya, dari catatn saya, ada sekitar 6 website yang mengklaim dirinya sebagai media online.

Diantaranya adalah:

1. Tintahijau.com
2. mediagivalonline.com
3. perak-online.com/
4. reportersubang.com
5. beritaimer.com
6. Kabarsubang.com, dan
7. Kabarikamu.com

Tentu saja, masing-masing media itu memiliki karakter dan segmen pembaca sendiri. Mungkin, tergantung dari karakter dan tujuan ownernya. Terlepas media mana yang dianggap paling refresentatif sebagai media publik yang membawa kabar Subang? Tidak ada survey ril soal ini. Namun, tentu saja, jawabannya ada di pembaca….

_______
follow @TINTAHIJAUcom | dari Subang untuk Dunia