blog berbayar vs gratisan

Hi blogger, apa kabar hari ini? Sudah posting apa hari ini di blogmu? Nah ngemengin soal blog, di dunia ini hanya ada dua macam blog, blog berbayar dan blog gratisan. Bedanya yang satu harus bayar, yang satunya lagi gratis. Persamaannya, keduanya sama-sama ngeblog. Aha!

Ya dari dua macam blog itu, saya sudah ngalamin keduanya. Ingetkan bakudara.com? Nah itu blog berbayar saya yg skr nasibnya almarhum karena error permanen dari hostingnya. Satu lagi, jejakannas.com. Yang itupun ga berusia panjang krn kontrak “usia” tak diperpanjang.

Blog berbayar, ya disitu kelemahannya. Selalu aja ada gangguannya, dan yang pasti hidupnya ada di tangan pemilik hosting. Jadi kewajiban kita, kita harus memperpanjang usianya sesuai kontrak awal.

Kalo ga diperpanjang ya wayahna, koit. Kalau sudah koit, ratusan tulisan kita pun koit ga tersisa secara otomatis. Dan kalo udah gitu ya disitu kerugian terbesar jadi blogger. Investasi tulisan dari bertahun-tahun lalu itu hilang tanpa bekas.

Nah, itu alasan utama kenapa saya pilih blog gratisan macem halaman ini. Blog gratisan yang disediakan wordpress ini aman sampai dunia kiyamat dan pemiliknya bangkrut, dan tanpa kewajiban harus membayar.

Inget ungkapan penulis buku negeri 5 menara ahmad fuadi yg di postingan sebelumnya? Kalo ga inget saya tulis kembali kutipannya:

“Menulis membuat kita awet muda, karena dengan menulis, meski kita sudah meniggal, tapi tulisan kita tetap ada, sampai melintasi zaman dan melampaui segala batas,”

Oh yes, apa alamat blogmu?